Iklan

Category 4

Cara membuka file cr2 atau raw pada komputer

Azis Grafis
Jumat, 14 Juli 2017, 11:24 WIB Last Updated 2018-07-10T06:00:44Z

Cara membuka file cr2 atau raw pada komputer
Cara membuka atau merubah file cr2 atau raw pada komputer dari hasil jepretan kamera dslr seperti canon ataupun Nikon. File tersebut bisa dibuka pada camera tetapi mungkin cukup sulit untuk di buka di laptop atau komputer. Bahkan kita harus merubah atau convert terlebih dahulu ke format jpg supaya bisa di buka pada komputer. Aplikasi yang di gunakan pada komputer adalah aplikasi CR2 CONVERTER. Yang nanti aplikasi ini akan di gunakan untuk mengkonverterkan file format RAW menjadi format JPG atau PNG ataupun yang lain-nya. Kata mengkonverter disini memiliki arti sebegai mesin yang di gunakan untuk merubah format gambar seperti hal-nya dengan aplikasi format factory. Pada awal-nya saya akan menggunakan aplikasi format factory untuk merubaR tersebut namun tidak bisa menggunakan aplikasi format factory, jadi saya harus menggunakan aplikasi yang lain yaitu CR2 CONVERTER yang saya download di internet.

Sebelum kita menuju cara inti kita wajib mengetahui arti dan penjelasan serta kelebihan dan juga kekurangan aplikasi tersebut. Untuk kelebihan dan juga kekurangan-nya bisa anda baca dibwah ini dengan seksama.

Kelebihan :

  • Kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus dan tidak pecah
  • Dan lain-lain.
Kekurangan
  • Ukuran File yang dihasilkan cukup besar
  • Komputer atau laptop tidak support format CR2
  • Dan lai-lain
Mungkin itu sedikit mengenai kelebihan dan juga kekurangan aplikasi tersebut, kemudian untuk penjelasan mengenai format raw bisa anda baca dibawah ini dengan teliti dan seksama.

Apa itu format RAW. secara definisi, mungkin banyak yang akan menyangka bahwa RAW adalah sebuah singkatan. Untuk memahami apa file RAW, kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana kerja kamera digital. Sensor membuat gambar dari jutaan cahaya pada chip.

Mungkin itu penjelasan mengenai format raw sekarang kita lanjut ke Proses cara merubah format raw menggunakan aplikasi CR2 CONVERTER berikut ini.
  • Langkah yang pertama pastikan komputer atau laptop anda sudah ada aplikasi CR CONVERTER, jika anda belum memiliki aplikasi tersebut bisa anda download aplikasi-nya disini.
  • Kemudian jika sudah download dan sudah di instal sekarang tinggal kita buka aplikasi tersebut.
    Cara membuka file cr2 atau raw pada komputer
  • Setelah itu pada ouput format atau kolom yang ada nomor 1 kita pilih sesuai kebutuhan format gambar kita, sedangkan saya menmilih format JPG.
  • Kemudian untuk Output folder atau kolom yang ada nomor 2 kita bisa memilih untuk menyimpan hasil converter tersebut bisa di data D atau Document ataupun di Data E.
  • Setelah itu pada ADD atau kolom ada nomor 3 kita akan menambahkan file RAW yang akan kita Converter lalu open.
  • Jika file yang akan kita Converter sudah ada pada list atau kolom file name maka tinggal kita klik Convert.
  • Tunggu hingga proses merubah atau convert berhasil atau selesai, kemudian bisa anda buka file tersebut pada folder output yang anda pilih.
  • Sudah selesai untuk tips kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda & terimakasih.
Mungkin itu tips yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda mengenai cara membuka atau merubah file raw hasil jepretan camera, semoga bisa bermnafaat dan berguna untuk kita.

Tinggalkan komentar jika ada penjelasan yang kurang paham, serta bisa menanyakan beberapa hal diluar tema. terimakasih.

Komentar

Tampilkan

Terkini

printer

+