Iklan

Category 4

6 Tips Memilih Ban Motor Berkualitas dan Tahan Lama

Azis Grafis
Sabtu, 07 Juli 2018, 09:51 WIB Last Updated 2018-07-10T06:53:48Z

Hampir semua orang mungkin sudah memiliki sepeda motor. Dan memang komponen yang pasti di ganti adalah Ban. Jadi persiapkan Budget anda untuk membeli Ban Berkualitas bukan yang Murahan.

6 Tips Memilih Ban Motor Berkualitas dan Tahan Lama. Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada Sepeda motor. Tanpanya, Motor tidak akan berjalan dengan mulus. Sudah banyak produsen-produsen ban di indonesia, mulai dengan yang kisaran harganya murah hingga yang sangat mahal.
6 Tips Memilih Ban Motor Berkualitas dan Tahan Lama

Selain berfungsi sebagai kaki-kaki, ban bisa juga menambah atau bahkan mengurangi peforma kendaraan Anda.


Mungkin banyak jenis ban mulai ban motor Matic, Bebek dan motor Sport. Bahkan jenis ban ada yang baru dan juga Vulkanisir, sehingga anda jangan salah pilih Ban untuk kendaraan anda.

Sebaiknya perhatikan 6 Tips Memilih Ban Motor Berkualitas dan Tahan Lama supaya anda tidak tertipu dengan ban yang akanmembuat anda menderita di jalan, antara lain :

  • Ukuran ban Sepeda MotorUntuk setiap jenis kendaraan bermotor,tentunya ukuran ban berbeda-beda,ukuran ban motor matic tidak sama dengan ban motor bebek.
    Saya beri contoh ukuran ban untuk motor bebek yaitu ban depan 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17 (ukuran standar ).

  • Merek ban Sepeda MotorSetelah ukuran ban sudah kita tentukan sesuai dengan kebutuhan,tips selanjutnya adalah memilih merek ban,merek adalah kualitas dimana setiap merek ban mempunyai kualitas yang berbeda.
    Saat ini banyak sekali merek ban baik yang lokal maupun import,namun pada dasarnya semua ban mempunyai kelebihan dan kekurangnan masing-masing,saya beri contoh ban lokal yang banyak dipakai yaitu merek FDR.
  • Tanggal Pembuatan Ban
    Yang tidak kalah pentingya dalam memilih ban motor adalah tanggal pembuatan ban,semakin lama tanggal pembuatan maka akan berpengaruh terhadap kualitas ban yaitu karet ban yang lebih keras dan kaku,dampaknya adalah cengkraman terhadap aspal jadi berkurang.begitupun sebaliknya apabila tanggal pembuatan ban masih baru,bisa dipastikan kualitas ban terjamin.
  • Corak/Kembang BanKembangan ban salah satu faktor penting dalam memilih ban motor,dengan model kembangan ini akan terkesan gagah dan stylish.Dengan tidak mengesampikan hal tersebut ternyata kembangan ban memiliki fungsi tertentu.
    Kembangan ban untuk roda depan sebaiknya pilih dengan garis tengah yang seolah membelah ban tersebut,garis itu sangat berguan untuk membelah air saat kondisi jalanan basah,bisa sobat perhatikan setiap ban motor bawaan pabrik biasanya ban depan selalu bergaris tengah.
  • Jenis BanAda dua jenis ban motor yang bisa kita temukan di toko-toko penjualan ban motor,yaitu ban motor Tube type dan ban motor Tubeless.
    Ban jenis Tube type adalah ban motor yang menggunakan ban dalam,sedangkan ban motor jenis Tubeless adalah ban motor yang tidak menggunakan ban dalam.
  • Harga Ban
    Untuk ukuran ban motor bebek standar biasanya berkisar kurang lebih 300 ribu untuk sepasang ban motor,perbandingan harga di setiap merek ban tidak terlalu jauh untuk ukuran ban standar dengan ukuran yang sama.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai tips memilih ban sepeda motor, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam memilih ban sepeda motor yang bagus dan berkualitas, cukup sekian dari saya dan terimakasih.

Komentar

Tampilkan

Terkini

printer

+