Iklan

Category 4

5 Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet dan Tahan Lama

Azis Grafis
Kamis, 05 Juli 2018, 12:11 WIB Last Updated 2018-07-10T06:58:32Z

Mungkin sudah banyak dari kita yang berulangkali memeli Flashdisk, dengan alasan yang sama yaitu Rusak. Memang sekarang banyak Flashdisk yang tidak Asli alias KW. Maka dari itu kita harus bijak dan cermat dalam membeli Flashdisk.

5 Cara Menjaga / merawat Flashdisk Tetap Awet dan Tahan Lama, tetapi sebelum lanjut mengenai 5 cara itu kita harus sedikit tahu mengenai apa itu flasdisk ??

5 Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet dan Tahan Lama

Diska Lepas USB atau dikenal juga sebagai Kandar Kilas USB atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB Flash Drive ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.


USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Itu sedikit penjelasan mengenai flashdisk, dan langsung saja ini dia 5 Cara menjaga Flasdisk tetap awet dan tahan lama :
  • Scan Virus
    Komputer Anda banyak virus? Itu artinya Anda harus semakin berhati-hati. Karena biasanya saat pengambilan data, virus-virus juga ikut berpindah. Apalagi jika Anda sering mengambil data dari internet, bisa cepat rusak deh flash disk Anda. Untuk mencegahnya, lakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.
  • Hindari Mengedit Langsung
    Flash disk memiliki batasan usia tergantung dari kualitas merek itu sendiri. Biasanya usia flash disk berkisar antara 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit langsung tulisan dari flash disk Anda.
  • Biasakan EjectBanyak orang, mungkin termasuk Anda, selalu menganggap remeh proses eject sebuah flash disc. Karena terburu-buru atau malas, Anda sering langsung mencabut flash disk dari port USB. Padahal hal ini sudah pasti dapat merusak sistem flash disc. Lebih parahnya lagi,s emua data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang. Gawat, kan?
  • Simpan jauh dari tempat yang panah
    Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat peka terhadap panas terutama sinar matahari langsung. Jadi usahakan Anda tidak menyimpan flash disk ditempat yang panas seperti mobil misalnya.
  • Jangan Sampai terkena air ( Basah )
    Barang elektronik memang sangat rentan terhadap air. Flash disk juga sama. Biasakan menyimpan flash disk Anda di tempat yang aman, bahkan kalau perlu, bahan yang anti air. 
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat mengenai informasi cara menjaga flashdisk supaya awet dan tahan lama. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.

Komentar

Tampilkan

Terkini

printer

+