Iklan

Category 4

Tutorial membuat manusia robot di Photoshop CC

Azis Grafis
Kamis, 15 Desember 2016, 15:29 WIB Last Updated 2016-12-15T08:29:40Z

Kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial yang sangat keren dan pastinya buat kalian yang suka banget ama robot maka kalian pun wajib membaca ataupun langsung praktek. Ok pada tutor kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat manusia robot dengan photoshop.
 
Pada tutor kali ini saya menggunakan Photoshop CS5 dan untuk waktu pengerjaanya mungkin sekitar 4-5 jam , tergantung kemampuan anda .



Tutorial membuat manusia robot di Photoshop CC
Hasil akhir
Inilah beberapa stock yang bisa anda gunakan kali ini kecuali untuk bagian texture …..

Tahap 1:Atur Bagian Tengkorak
Okey , pada tahap pertama kita akan menggunakan stock gambar tengkorak lalu kita atur supaya cocok dengan mekanisme robot yang coba kita buat. Pertama buatlah dokumen dengan Width = 3200 px , Height = 2600 , dan Resolusi 300 px. Kemudian ubah background menjadi hitam , dan masukkan gambar tengkorak kedalam dokumen.

Sekarang kita akan menggunakan Desaturate untuk mendapatkan warna asli tengkorak :


Sekarang kita harus menghilangkan background hitamnya. Karena warna tengkorak cukup berbeda dengan background , maka kita bisa langsung menyeleksi menggunakan Magic Wand Tool. Buatlah seleksi pada daerah hitam sekeliling tengkorak , pastikan semua sisi tengkorak terseleksi. Mungkin ada daerah yang tidak terseleksi dengan baik , maka anda bisa menggunakan Quick Selection Tool untuk memperbaikinya.


Setelah itu , Inverse seleksi tersebut dan pada bagian optionbar klik Refine Edge. Pada kotak dialog aturlah seperti pada gambar lalu klik Ok.


Mari kita buat seleksi menggunakan Rectangular Marquee Tool pada bagian luar yang tersisa seperti ini dan isi dengan hitam pada mask yang tersisa. Anda harus memastikan Shape Tengkorak bersih dengan warna putih pada layer mask. Kemudian Apply Layer Mask :

Lalu duplikat layer tersebut menjadi 3 bagian . Setelah itu sembunyikan dua layer tadi , yaitu bagian atas dan bagian bawah karna kita akan bekerja pada layer copy yang pertama.Sekarang buka menu Filter dan pilih Convert for Smart Filters dan anda akan mendapat peringatan , cukup tekan Ok.




Sekarang kita dapat menerapkan semua filter yang kita inginkan. Buka menu Filter > Brush Stokes , lalu pilih Accented Edges , dan aturlah seperti pada gambar.



Sekarang kita akan bekerja dengan layer atas . Pertama, kita akan menerapkan Filter > Blur lalu pilih Smart Blur. Aturlah sesuai gambar :

Terapkan lagi Filter > Smart Blur hingga lima kali :
Lalu buka menu Filter > Convert for Smart Filters seperti yang kita lakukan pada layer sebelumnya.Kemudian buka menu Filter > Artistic lalu pilih Plastic Wrap dan aturlah seperti ini. 
Ubah Blend mode menjadi Overlay. Dan inilah hasil yang saya dapatkan :

Sekarang pilih ketiga layer tadi lalu tekan Ctrl+G(Win) atau Command+G(Mac) untuk membuat satu grup :
Tahap 2: Atur Model

Pada tahap ini kita akan bekerja dengan gambar karakter utama . Kita akan memisahkan background dan juga kita akan memisahkan dirinya menjadi hanya wajah dan tubuh . Okey langsung aja buka gambar yang akan digunakan :
Kemudian, buka menu Edit > Transform lalu pilih Scale untuk menyesuaikan gambar seperti ini :
Lalu buka menu Select > Edit in Quick Mask Mode. Kemudian pilih Paint brush Tool dan pilih brush seperti ini. Pastikan Opacity brush tersebut 100% , dan warnailah seluruh bagian model :
Jika ada bagian yang berlebihan anda cukup membuat seleksi dan menghapusnya dengan Eraser Tool :
Setelah anda selesai mewarnai dan merapikannya , buka menu Select dan pilih lagi Edit Quick Mask Mode untuk menghilangkannya maka anda akan mendapatkan seleksi dari hasil mask tadi :
Kita akan menyeleksi bagian luar , buka menu Select pilih Inverse . Setelah bagian luar terseleksi , klik Refine Edge Tool . Aturlah seperti gambar .

Anda akan mendapakan sebuah layer baru beserta dengan layer mask. Duplikat layer tersebut dan sembunyikan layer dibawahnya.
Sebelum kita melanjutkan pekerjaan tariklah napas dulu … hehehe, Kita akan membuat gradient untuk bagian belakang . Pilih Gradient Tool , lalu pilih gradient Black, white dan pastikan anda memilih ikon gradient lingkaran. Kemudian pada layer background , mulailah dari bawah dagu lalu tarik hingga bagian rambut :
Nah kembali lagi ke layer atas dan klik kanan dan pilih Apply Layer Mask. Pastikan gambar anda sempurna sebelum melakukan ini. Sekarang buat lagi layer mask pada layer tersebut:
Kemudian pilihlah brush dengan ukuran sekitar 73 px . Dan lakukanlah seperti pada gambar.
Perkecil ukuran brush 30 px untuk lebih detail dan lakukan sampai kesemua bagian leher.
Kemudian buatlah brush ukuran besar pada bagian baju/tubuh :
 

Duplikat Layer tersebut, kemudian buatlah seleksi pada mask bagian layer aslinya . Tekan Ctrl+klik(Win) atau Command+klik(Mac) pada keyboard Lalu pilih Select > Inverse
Kemudian hapus layer mask pada layer atas , Cukup tarik ke ikon delete :
Sekarang klik ikon layer mask dan kita akan mendapatkan mask baru tapi dengan efek yang sebaliknya dengan layer sebelumnya . Dan kita sudah mempunyai detail untuk bagian tubuh dan untuk kepala pada layer yang lain :
Okey kita selesai pada tahap dengan tiga layer .
Tahap 3: Pilih Bagian Wajah dan Sesuaikan Dengan Tengkorak
Pertama, pindahkan layer wajah ke atas dan duplikat . Klik kanan dan pilih Apply Layer Mask , sembunyikan layer dibawahnya :
Duplikat layer tersebut , dan pilih Polygonal Lasso Tool.Kemudian kita akan memotong dan memisahkan bagian pada layer baru. Kita hanya memotong pada sisi kiri kepala dan menjadikannya beberapa bagian. Buatlah seleksi seperti gambar , lalu cut dan paste pada seleksi dan secara otomatis seleksi tadi akan menjadi sebuah layer baru. Geser sedikit posisi potongan layer tadi , dan lakukan hal yang sama hingga tiga kali sampai pada bagian tengah wajah.
Nah sekarang kita sudah memiliki empat layer dari hasil pemotongan tadi. Sekarang pilih tiga bagian wajah terkecil , lalu pilih Edit > Transform dan pilih Rotate
Sebelum kita merotasi wajah , carilah anchor point pada seleksi dan tarik kesudut bawah kanan seleksi. Sekarang anda bisa merotasi gambar tersebut :
Ok sekarang gambar kita sudah terlihat bagus. Kembali ke grup tengkorak tadi , duplikat grup tersebut lalu Merge group duplikatnya untuk menjadikannya sebuah layer :
 
Sekarang buka menu Edit > Transform lalu pilih Scale dan sesuaikan bentuk tengkorak dengan kepala model. Pindahkan layer gabungan tengkorak tadi ke atas dan turunkan sedikit opacity menjadi 70 % :
Buka menu Edit dan pilih Transform > Distort . Kita akan mencocokkan bentuk tengkorak dengan kepala. Supaya lebih mempermudah pekerjaan , sembunyikan semua layer bagian kepala yang terpotong dan cukup gunakan bagian yang utuh :
Pertama sesuaikan posisi bagian tengkorak dengan wajah , Lalu buka Edit > Transform pilih Distort kemudian aturlah bentuk tengkorak sesuai wajah:
Jika posisinya belum pas buka lagi Transform lalu pilih Warp dan pastikan semuanya sesuai ukuran.
Setelah selesai , buka menu Edit pilih Puppet Warp. Setelah anda mengaktifkan Puppet Warp anda akan melihat seleksi pada semua isi layer yang dipilih , setiap daerah yang anda klik maka akan muncul tanda berwarna kuning ; jadi klik sampai anda mendapat seperti ini  untuk mengubah sedikit bentuk tengkorak :
Sekarang kembalikan lagi layer tengkorak kebawah dan ubah opacity menjadi 100% dan sembunyikan gambar wajah penuh tadi dan inilah hasilnya.
Ok sekarang kita menambahkan bayangan pada tengkorak . Klik ikon Adjustment , pilih Levels dan buatlah menjadi Clipping Mask dengan klik kanan dan pilih Create Clipping Mask .Atur Adjustment seperti gambar lalu ubah blend mode menjadi Multiply :
Kemudian gunakan soft brush ukuran besar sekitar 300px dan kurangi sedikit opacity. Sekarang mask pada bagian tengkorak yang tampak untuk mendapatkan efek cahaya seperti gambar :
Setelah itu pilih ketiga layer pecahan wajah , dan buka menu Edit > Transform ,pilih Rotate :
Sekarang kita akan menambahkan texture pada tengkorak .Pertama buatlah layer baru , Gunakan Rectangular Selection Tool dan buatlah seleksi seperti ini.Lalu isi warna seleksi tersebut dengan warna hitam :


Setelah mengisi warna , klik dua kali pada layer tersebut ; dan pada layer style pilih Pattern Overlay ,lalu pilih texture yang akan digunakan. Disini anda juga bisa menggunakan gambar sesuai keinginan.
Kemudian buatlah layer baru dan merge kedua layer tersebut. Ini akan memberikan kita sebuah layer yang bisa dimanipulasi ke tengkorak :

Kemudian buka menu Edit -> Transform lalu pilih Warp. Kita akan menggunakan alat ini untuk mengatur texure dan menyesuaikan dengan bentuk tengkorak :
Kemudian buatlah Clipping mask pada texture , atur blend mode menjadi Overlay , dan ubah Opacity menjadi 100%.  Lalu buka menu Image > Adjustment lalu pilih Invert. Dan inilah hasilnya :
Tahap 4: Atur Struktur dan Ketebalan pada Pecahan Kepala
Sekarang kita akan membuat beberapa langkah untuk bagian pecahan kepala tersebut struktur dan ketebalan. Langsung aja , pilih keempat layer pecahan kepala. Lalu duplikatlah keempat layer tersebut dan tempatkan diatas. Kita masih akan bekerja pada layer pecahan yang asli , pilih bagian kepala yang paling besar :
Buka menu Image -> Adjustment pilih Desaturate , kemudian geser sedikit keluar seperti ini :
Sekarang Tambahkan Level pada layer ini , dan aturlah seperti gambar. Maka akan terlihat sedikit ketebalan pada wajah :
Kemudian buka Layer Style lalu terapkan Bevel ke wajah. Cukup ulangi tahap sebelumnya untuk bagian pecahan yang tersisa :
Sekarang buatkan grup untuk semua layer yang tadi anda beri efek bevel dan sembunyikan grup tersebut.Lalu buatlah layer baru . Pilih Pen Tool , dan buatlah seleksi seperti ini.Setelah itu ,  buka tab Paths , pastikan warna foreground anda hitam dan klik pada path ikon:

Kembali ke Layers , Copy Layer style Bevel pada layer sebelumnya dan paste ke layer baru tadi maka anda akan mendapat Bevel yang sama :
Buatlah layer baru lagi untuk bagian selanjutnya dan lakukan hal yang sama :
Ulangi sekali lagi untuk bagian ketiga. Mengingat posisi gambar berbeda , maka bagian ini kita melihat bentuk belakang dari kedua sisi wajah. :
Kembali ke grup tadi yang kita buat untuk bevel , buatlah seleksi cepat dengan Ctrl+klik, Atur warna foreground menjadi #2b2b2b. Kemudian hapus Dengan Eraser Tool :
Kemudian gunakan Paint Bucket Tool untuk mendapatkan warna sehingga kita mengganti gambar dengan warna abu-abu :
Ulangi tahap ini pada ketiga layer dalam grup :
Kemudian buatlah layer baru dalam grup. Pilih soft brush dengan ukuran 3px , dan warnai beberapa bagian ketebalan dengan warna abu-abu untuk menciptakan highlight :
Inilah hasil yang saya dapatkan :

Selanjutnya, duplikatlah grup dan gabungkan duplikat grup tersebut. Sekarang semua lapisan tergabung menjadi satu bagian
Sekarang Lihatlah sebuah cahaya abu-abu terang dari cahaya kecil yang ditampilkan disini. Pilih soft brush buatlah ukuran besar sekitar 400 px , Lalu kunci pixel pada layer grup :
kemudian terapakan soft brush tadi seperti pada gambar :
Selanjutnya , Pindahkan Layer bagian belakang pecahan wajah ke bawah layer tengkorak :
Tahap 5: Tambahkan Mata dan Struktur Lainnya
Sekarang kita akan bekerja pada bagian mata pada tengkorak . Mulailah dengan layer pecahan yang berisi mata ini , Lalu duplikatlah layer tersebut.
Gunakan Elliptical Selection Tool dan buatlah seleksi pada bagian mata , lalu buatlah layer mask.
Kemudian Inverse seleksi tersebut dan pilih layer duplikat lainnya. Dan buatlah layer mask pada layer itu :
Sekarang pilih layer mask mata tadi dan pindahkan mata tersebut ke daerah mata tengkorak.
Kemudian duplikatlah layer tersebut lalu klik kanan dan pilih Apply Layer Mask :
Selanjutnya gunakan Rotate pada menu Edit -> Transform , lalu putar duplikat mata tadi seperti ini.
Sekarang pilih Eraser Tool dan pilih soft brush dengan ukuran 46 px. Hapuslah bagian kelopak mata:
Ok , selanjutnya buka gambar lainnya dan pilih Circular Selection Tool dan buatlah seleksi seperti ini. Jika anda kesulitan menyesuaikannya cukup klik kanan pada seleksi dan pilih Transform Selection.
Kemudian Copy dan Paste seleksi tadi menjadi sebuah layer baru di dokumen anda dan beri nama Layer 14. Lalu perkecil gambar tersebut seperti ini dan pastikan layer ini berada dibawah layer mata yang kita kerjakan sebelumnya :
Sekarang kita akan memperbaiki bagian atas mata pada wajah. Pilih Brush Tool dengan soft brush dan beri ukuran sekitar 13px, pilih layer mask dan mask pada kelopak mata :
Duplikatlah layer 14 lalu pindahkan ke daerah mata model seperti ini.
Lalu pindahkan layer 14 Copy Kebawah kemudian aturlah skalanya sampai sebesar bola mata:
Pilih Elliptical Selection Tool kemudian buat seleksi seperti ini , sisakan sedikit bagian luar. Kemudian cukup tekan Delete , maka kita akan mendapat efek metalik di sekitar bola mata :
Kemudian kita berikan Desaturate , lalu lakukan seleksi cepat pada mask di layer wajah ini.
Pilih layer gabungan grup tadi lalu buatlah mask pada layer itu. Ini akan memberikan efek mask hitam dan membuat sebuah lubang pada bagian mata :
Kemudian pilih duplikat layer 14 copy 2 tadi dan berikan scale dan Perkecillah sedikit ukurannya.
Kemudian pindahkan layer 14 copy 2 ke bawah maka anda akan mendapatkan efek mata yang bagus :
Sekarang pilih Layer mask pada mata dan pilih soft brush dengan ukuran 54px , lalu lakukan mask pada sekeliling sisi mata.Pastikan warna Foreground anda Hitam :
Sekarang pilh layer dibelakang mata dan berikan Color Balance untuk mengganti warna hijau pada bagian mata dan aturlah seperti ini :
Selanjutnya buka gambar lainnya , kemudian pilih Elliptical Selection Tool dan buatlah seleksi seperti ini :
Copy dan Paste layer seleksi tadi ke dokumen anda dan tempatkan dibawah layer belakang mata. Buatlah mask pada layer tersebut. Pilih brush seperti gambar dan mask sekeliling gambar seperti ini.
Kemudian perkecil ukuran brush menjadi 8px . Ubah warna foreground menjadi putih supaya kita detail melakukan mask. Dan jika ingin memperbaikinya lagi cukup ubah warna foreground menjadi hitam lagi.
Tahap 6: Memberi Komponen Robot ke Bagian Tubuh
Mari kita buat komponen pada bagian tubuh dengan beberapa gambar mesin . Kita mulai dengan gambar ini. Copy dan Paste gambar ke dokumen anda. Kemudian putarlah gambar seperti ini. Kemudian ubah keposisi horizontal:
Selanjutnya , pilih Brush Tool lagi dengan bentuk dan ukuran seperti ini dan buatlah layer mask.
Mulailah mask pada background gambar seperti ini lalu perkecil ukuran brush untuk lebih detail. Pastikan tidak ada background yang tersisa :
Ok sekarang ubah ukuran mesin menggunakan transform seperti ini. Lalu pindahkan layer kebawah layer tubuh model :
Sembunyikan layer bagian tubuh dan tampilkan layer bagian kepala supaya kita bisa mengaturnya sesuai bentuk tubuh. Dan atur posisinya seperti ini :
Sekarang tampilkan layer dibawah ini. Pilih brush seperti gambar kemudian buatlah mask seperti ini :
Buatlah adjustment levels pada atas gambar mesin. Aturlah level seperti gambar kemudian buatlah clipping mask pada layer tersebut :
Kita hanya menginginkan efek gelap pada daerah pinggir , karena itu warnai mask tersebut dengan hitam. Sekarang pilih soft brush dengan ukuran besar dan terapkan beberapa seperti yang terlihat menggunakan mask :
Bukalah gambar lainnya dan copas kedokumen anda. Buatlah layer mask.
Pilih brush ini dengan ukuran 98px dan lakukan langkah-langkah seperti gambar mesin sebelumnya :
Ubah posisinya menjadi horizontal dan pindahkan posisinya seperti pada gambar. Dan tempatkan layernya dibawah gambar mesin sebelumnya :
Ok , sekarang kembali ke layer texture tengkorak dan buatlah mask. Atur ukuran brush menjadi 36px , dan mask pada bagian texture gigi tengkorak.
Selanjutnya pilih layer levels untuk tengkorak dan mask pada bagian gigi sekali lagi dan lihatlah hasilnya.
Ok langkah selanjutnya , buka lagi gambar lainnya dan copas lagi ke dokumen anda.
Dan ulangi lagi semua proses mask seperti gambar sebelumnya. Dan cukup bagian ini yang diambil :
Dan sekarang pindahkan gambar ke bagian wajah , dan sekali lagi ubah posisi menjadi horizontal. Kemudian lakukan transform dan aturlah sampai seperti ini
Duplikatlah gambar tersebut dan pindahkan duplikatnya keatas pada bagian ini. Pindahkan gambar duplikat kebagian wajah dan lakukan rotasi seperti ini.
Kemudian ubah ukuran brush menjadi 85px dan mask pada bagian atas gambar. Lalu perpanjang sedikit ukuran gambar dengan transform. 
Dan brushlah bagian atas komponen tersebut.
Tahap 7: Pewarnaan
Pada tahap ini kita akan menambahkan beberapa warna untuk memberikan memberikan efek real ke manusia robot. Langsung kita mulai dengan mesin bagian pertama dan buatlah Levels pada layer tersebut , buatlah menjadi clipping mask. Atur levels seperti gambar dan ubah blend mode menjadi Multiply. Kita akan menerapkan efek shading pada levels cukup di area yang dipilih . gunakan Fill Tool untuk melakukan mask dengan warna hitam.
Kita akan menggunakan soft brush pada bagian-bagian ini. Dan perkecil ukuran brush hingga 12px untuk lebih detail.

Lanjut ke layer berikutnya. Karena layer sudah memiliki level maka kita akan membuat layer levels baru. Ubah blend mode menjadi Multiply , dan atur levels seperti gambar.
Dan kita akan melakukan mask lagi pada semua bagian menggunakan fill pada layer mask dengan hitam.
Lanjutkan pilih soft brush dan mulailah pada ukuran sekitar 80px ini dan lanjutkan dengan ukuran yang dibutuhkan. Lakukan shading seperti gambar :
Ok lanjutkan ke layer berikutnya dan ulangi tahap tersebut.
Ukuran Soft brush kali ini yang kita gunakan sekitar 55px dan Fill layer mask tersebut dengan hitam dan lakukan shading pada bagian yang dibutuhkan.
Sekarang kita bekerja pada sisi wajah pertama dan buatlah layer level juga dan autrlah seperti ini. Ada beberapa variasi pada intensitas dan opacity yang sepertinya membuat layer ini sedikit berbeda dengan bagian mesin sebelumnya.
Kali ini kita tidak akan menggunakan fill melainkan hanya dengan brush. Pilih soft brush ukuran 147px. Lanjutkan proses , ganti ukuran brush dengan 226px untuk membuat efek cahaya seperti ini.
 
Kemudian lanjutkan dengan sesi wajah lainnya dengan cara yang sama , level yang sama , dan adjustment yang sama dan brush untuk mendapatkan cahaya.
Terapkan cara yang sama juga ke sisi wajah sebelah. Buatlah layer levels yang sama dan proses yang sama pula.
Sekarang kita akan menuju ke layer pendukung mata dan buatlah layer levels dan aturlah seperti ini. Gunakan soft brush dengan ukuran 164px dan turunkan sedikit opacity brushnya. Kita akan melakukan hal yang sama dengan wajah tadi , berilah mask hitam seperti gambar.
Sekarang kita akan bekerja pada bagian komponen di belakang wajah dan caranya pun sama dengan membuat layer levels. Gunakan soft brush ukuran 27 px dan mulailah mask pada bagian ini.
Tahap 8: Tambahkan Warna Biru
Pada tahap ini kita akan menambahkan warna detail biru pada gambar. Mulailah dengan membuat layer baru pada bagian atas. Pilih Gradient Tool dan pilihlah gradient yang sudah dipersiapkan.
Pastikan anda memilih linear gradient dan tariklah gradient seperti gambar.
Dan buatlah layer mask dan fill dengan hitam
Pilih soft brush ukuran 68px , dan brushlah pada mask dengan putih. Lalu ganti blend mode jadi Overlay lakukan brush hingga anda mendapat hasil seperti ini.
Dan buatlah layer lainnya untuk sisi selanjutnya dengan cara yang sama dan terapkan efek biru pada bagian transparan yang lain seperti gambar.
Masih ada bagian kaca pada belakang mata yang harus juga diberikan efek yang sama , lakukan hal yang sama dengan sebelumnya.
Ok . Sekarang kita akan menambahkan lingkaran pada bagian mata. Buatlah layer baru untuk ini. Kembali ke Gradient Tool dan pastikan anda memilih Circular gradient . Tariklah gradient seperti gambar. Buatlah layer mask dan pilih soft Brush dengan warna hitam , lalu berikan mask pada bagian kelopak mata dan lanjutkan pada sisi luar.
Selanjutnya buat lagi layer baru dan lakukan hal serupa pada mata sebelahnya , dan buatlah layer mask. Dengan brush yang sama dan cara yang sama pula , mask bagian kelopak
Lakukan scale transform dan ubah sedikit bentuknya seperti ini , lalu perbaiki bagian yang berlebihan dengan mask tadi.
Kemudian tambahkan sedikit refleksi pada bawah mata , buatlah layer baru dan ubah menjadi overlay. Gunakan brush yang sama cukup perkecil hingga 9px dan pilih warna biru yang sama dengan gradient dan buatlah beberapa cahaya sepeti ini.
Tahap 9: Menambahkan Pakaian
 
OK jadi kita memiliki bagian baju gambar tanpa bagian bahu, ditambah kami akan mengatur beberapa strip pakaian compang-camping di atas area mesin. Mari kita mulai dengan memilih layer ini di sini , kemudian pilih brush ini dan kita akan mewarnai pada layer mask unutk mengembalikan bentuk pakaian asli.


Buatlah layer baru untuk melengkapi bagiannya kemudian ambillah sample warna pada pakaian gambar dan warnailah bagian yang belum lengkap.
Ambillah sampel warna pakaian area leher kemudian pilih soft brush ukuran 85px dan berilah warna seperti ini.
Setelah selesai kita kembali ke layer sebelumnya dan warnai dengan warna yang sama pada bagian-bagian ini. Kemudian buka Layer Style , pilih Drop Shadow dan aturlah seperti ini. Lalu copy layer style tadi ke layer tambahan diatasnya untuk mendapatkan efek bayangan yang sama.
 
Oke sekarang kita akan membuat shading jadi hapuslah layer style pada layer tambahan tadi ,
Jadi kita mempunyai dua layer tanpa style dan kita harus membuat sebuah layer untuk shading. Buatlah layer levels baru dibawah kedua layer tersebut untuk membuat efek gelap pada shading.
Gunakan brush ini pada daerah mask. Kami akan membuatnya dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
Inilah hasil yang kita dapatkan.
Tahap 10: Layer-Layer Adjustment Terakhir
Ok kita akan mulai dengan layer Adjustment Black & White pada bagian atas dan aturlah seperti ini , ubah menjadi overlay dan turunkan sedikit opacity.
Kita akan modifikasi pada mask layer ini dan untuk itu gunakan soft brush ini. Mask pada bagian ini. Kemudian perbesar ukuran brush sekitar 400px dan brush pada bagian ini.
Lanjutkan dengan Adjustment layer Hue/ Seturation dan aturlah seperti ini. Dengan brush yang sama , Mask pada sesi yang terlihat disini untuk melindungi efek biru.
Selanjunya buat Layer Photo Filter , pilih color dengan warna biru dan fill pada layer mask dengan hitam dan warnai pada daerah yang membuthkan.Gunakan soft brush ukuran 90px dan warnai dengan putih dan brushlah pada bagian ini.
Dan buatlah layer level terakhir aturlah seperti ini dan fill layer mask dengan hitam. Pilih soft brush dan berikan sedikit shading pada bagian ini.
Kemudian duplikatlah layer ini dan terapkan Filter Add noise, aturlah seperti ini. Ubah mode menjadi Overlay.
Langkah terakhir adalah crop gambar sesuai selera anda  menggunakan Rectangular Selection Tool.
Dan inilah hasil jerih payah anda……

Terima kasih atas partisipasi anda sebagai pengunjung blog saya. Semoga anda berhasil dengan dengan tutor ini .

Sumber : http://sidimageenation.blogspot.co.id/2013/12/cara-membuat-manusia-robot-dengan.html

Komentar

Tampilkan

Terkini

printer

+